Halo temen-temen semua Bagaimana kabar kalian?, Semoga kabarnya baik-baik saja. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang "Apa Itu Dark Web. Sejarah dan Alasan dibentuknya Dark Web". Oke kita langsung saja ke topik pembahasan ya.

ilustrasi dark web

  • Apa dan Bagaimana Sebenarnya Dark Web itu?

Dark Web adalah bagian internet yang paling dalam. Jika biasanya kita ingin mencari informasi di sebuah website biasa, kita cukup saja mengetikkan informasi yang ingin kita cari ke dalam search engine seperti Google atau Bing, maka hasil yang kita cari akan keluar.Tapi lain halnya dengan Dark Web.Informasi yang tersaji di dalam Dark Web tidak bisa dijangkau oleh Search Engine biasa seperti Google. Hal ini dikarenakan Dark Web memiliki keamanan yang sangat kuat sehingga mesin pencari biasa tidak akan bisa menjelajahi konten dalam dark web.

Dark Web berisi tentang content yang sangat sensitif. Seperti : kritikan pedas terhadap pemerintah, Penjualan obat-obatan terlarang, Video penyiksaan dll.

  • Bagaimana Cara mengakses Dark WebDark Web Bisa diakses menggunakan browser khusus seperti The Onion Router (TOR) dan juga search engine khusus seperti Hidden Wiki atau Ahmia. Tapi ingat!, jika kalian ingin mengakses Dark Web kalian harus menggunakan keamanan yang kuat, seperti menggunakan vpn. Hal ini bertujuan untuk mengamankan informasi pribadi kalian agar tidakjatuh ke tangan hacker yang berada di dalam Dark Web. Oh iya, untuk mencari informasi di dalam Dark Web, kalian tidak bisa mencarinya dengan hanya menuliskan kata kunci pencarian seperti kalian menggunakan google. Di Dark Web kalian harus menuliskan url dari domain website yang ingin kalian cari. Contohnya jika kalian ingin masuk ke Duck Duck Go kalian harus menuliskan https://3g2upl4pq6kufc4m.onion/.
  • Mengapa Dark Web dibuat?Dark Web dibuat atas janji dari pihak www yang mengatakan bahwa pihaknya akan membuat sebuah layanan internet, yang bisa membuat user bebas berdiskusi tentang apa saja tanpa takut terkena sensor (dan pastinya terbebas dari UU ITE :v).
  • Sisi Positif Dark Web Walaupun mayoritas berisi konten negatif. Ternyata Dark Web memiliki sisi positif loh!. Contohnya adalah polisi FBI yang menggunakan Dark Web untuk melacak transaksi narkoba. Ada juga intel yang menggunakan Dark Web untuk berdiskusi tanpa diketahui oleh pihak luar.Pandai - pandai kita saja mau menggunakan Dark Web untuk apa
  • PenutupDemikian yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat bagi kita semua, jika ada salah kata saya mohon maaf. Saya akhiri Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh